Selasa, 16 Maret 2010

Agar Karier Lebih Baik

Perjalanan karier memiliki polanya sendiri. Suatu saat, mungkin karier menanjak pesat, tapi kali berikutnya karier mentok atau malah terjun bebas. Jadi, jika sekarang Anda merasa karier sedang di bawah, yakinlah bahwa apa pun yang terjadi sekarang pasti akan memberi Anda pelajaran berharga. Bagaimana supaya karier Anda bisa lebih cemerlang di masa mendatang, berikut kiatnya:

1. Tulis Yang Anda Inginkan
Tanyakan pada diri Anda, apa yang sebetulnya Anda inginkan untuk karier Anda, kemudian tuliskan di atas secarik kertas. Tempelkan kertas ini di tempat atau benda yang setiap hari Anda lihat. Hal-hal besar biasanya terjadi pada orang-orang yang tahu betul tujuan hidup mereka.

2. Buat Rencana
Langkah berikutnya adalah membuat rencana. Perencanaan ini sangat penting, karena akan mempermudah Anda mencapai apa yang Anda inginkan. Tanpa perencanaan, sebuah langkah bisa diibaratkan sebagai berjalan tanpa tujuan. Intinya, Anda harus punya tujuan dan kemudian merencanakan langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Perencanaan juga akan menghindarkan Anda dari melakukan hal-hal yang sebetulnya tak perlu dilakukan. Semakin spesifik rencana, semakin bagus dan mudah pula langkah Anda. Alasan lain perlunya membuat rencana adalah mencegah supaya Anda tidak menjadi berlebihan. Misalnya, ada hal-hal yang mestinya tidak perlu dikerjakan tapi Anda kerjakan juga karena tidak adanya rencana.

3. Bertindaklah
Langkah nyata adalah proses berikut yang sangat penting. Perencanaan tanpa tindakan boleh dibilang kerja sia-sia. Dan untuk menjaga supaya Anda tetap melangkah sesuai rencana adalah mencatat apa-apa saja langkah yang Anda lakukan. Jadikan catatan ini sebagai panduan dan “penjaga” supaya Anda tetap berjalan sesuai rencana dan target.

Catatan ini juga akan membantu Anda memantau perjalanan karier. Sejauh mana Anda sudah berjalan, bagaimana hasilnya, apa langkah berikutnya, sekaligus melakukan proses evaluasi. Satu hal yang harus dijaga adalah soal disiplin. Buka catatan ini secara teratur, kalau perlu setiap hari.

4. Katakan, “Saya pasti akan sukses!
”Lingkungan dan suasana kerja semakin lama akan semakin membelenggu dan memengaruhi diri kita sebagai karyawan. Contohnya, suasana kerja kantor yng selalu negatif lama-kelamaan akan membuat Anda sulit untuk bersikap positif. Jika atasan setiap hari selalu mengatakan bahwa Anda tak becus bekerja, maka makin lama Anda akan semakin tak yakin dengan kemampuan Anda. Anda tak bisa lagi obyektif menilai diri dan kemampuan Anda.

Bagaimana Anda melihat diri Anda adalah bagaimana dunia melihat Anda. Jika Anda yakin dan tampil percaya diri, maka dunia pun akan melihat seorang yang konfiden pada diri Anda. Jika Anda tak nyaman dengan diri Anda, maka itu jugalah yang akan dilihat dunia dan orang-orang di sekitar Anda. Jangan heran jika Anda merasa tak ada orang lain yang memerhatikan Anda.

Jadi, yakinlah bahwa apa yang Anda lakukan merupakan jalan menuju sukses. Ingat, sukses akan menghampiri mereka yang bekerja tepat, bersungguh-sungguh, dan yakin pada kemampuan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar