Minggu, 30 Mei 2010

Merokok di Bundaran HI Ditukar Jeruk



VIVAnews - Apa reaksi anda jika rokok yang sedang anda hisap ditukar dengan jeruk. Ya, ini yang terjadi dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau di yang diperingati sejumlah mahasiswa di Bundaran HI, Jakarta, Minggu 30 Mei 2010.

"Hari ini kami melakukan aksi sosial memperingati Hari Tanpa Tembakau tanggal 31 Mei besok, dengan menukarkan rokok dengan sebuah jeruk manis," ujar salah satu koordinator aksi Bhayu dari UI kepada VIVAnews.

Dalam aksinya, para mahasiswa sempat memergoki seorang pejalan kaki yang sedang menghisap rokoknya saat melintas di Bundaran HI. Seorang mahasiswi kemudian mendekati perokok itu. "Pak, untuk kesehatan dan memperingati hari tanpa tembakau besok, saya tukar dengan jeruk ya pak?" ujar mahasiswi itu.

Lalu bapak tersebut dengan malu menjawab, "Iya boleh deh."

Ini adalah percakapan antara Bhayu dengan seorang perokok yang tidak berkeberatan rokoknya ditukarkan dengan sebuah jeruk manis.

"Hari ini ada 30 kilogram jeruk yang siap kita tukarkan kepada masyarakat yang merokok yang melintas seputar bundaran HI," ujar Bhayu.

Saat memperingati Hari tanpa Tembakau sedunia pada 31 Mei besok, mahasiswa akan mengajukan beberapa tuntutan.

Dalam tuntutannya, mahasiswa juga meminta pertanggungjawaban pemerintah RI atas tidak diratifikasinya framework convention tobacco control (FCTC). Serta menuntut pemerintah menegakkan PP no 19 tahun 2003 Tentang pengamanan rokok bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar