Senin, 05 April 2010

Seorang TKW Sepuluh Tahun Menghilang

Liputan6.com, Sukabumi: Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kampung Lebaksiuh, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Beti Sri Wahyuni (29), dikabarkan menghilang selama 10 tahun saat bekerja di Arab Saudi. Sejak keberangkatan Beti pada 1999 melalui perusahaan jasa tenaga kerja PT Arsina Adiyanti Utama, di Jakarta, hingga kini pihak keluarga belum pernah mendengar kabarnya.

Pihak keluarga hanya mengetahui putri keempat dari pasangan Aceng dan Sukinah itu ditempatkan di Arab Saudi sebagai pembantu rumah tangga. Salah seorang kuasa hukum keluarga Beti, Dedi Fatius, Ahad (4/4), mengatakan bahwa sejak bekerja di Arab Saudi pihak keluarga tidak pernah mendapatkan kabar apa pun dari Beti selama 10 tahun terakhir.

Menurut dia, upaya pencarian telah dilakukan oleh pihak keluarga. Salah satunya melalui perusahaan yang telah memberangkatkan Beti, yakni PT Arsina Adiyanti Utama. Namun, tak juga membuahkan hasil. "Pihak keluarga pun telah melaporkan masalah ini kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sukabumi, tetapi juga tidak ada hasilnya," ucapnya.

Sementara itu Serikat Buruh Migran Indonesia Cabang Sukabumi mencatat sejak 2004 hingga 2006 terdapat 725 kasus TKW asal Sukabumi yang hilang kontak atau tidak jelas keberadaannya. Persentasenya mencapai 62,5 persen dari jumlah TKW asal Sukabumi sebanyak 1.159 orang. "Namun, memasuki 2010 ini, hampir 70 persen di antaranya telah kembali ke Tanah Air," kata Ketua SBMI Sukabumi, Jejen Nurjanah.(ADO/Ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar